• The Hatch Indonesia

Hai Job Seeker! Gimana rasanya dapet balesan email dari perusahaan impianmu saat kamu diundang untuk job interview? Sepertinya ini adalah impian semua pencari kerja, terutama fresh graduates.


Job Interview atau wawancara kerja adalah salah satu tahapan yang krusial dalam proses perekrutan karyawan. Hal ini dikarenakan wawancara kerja bertujuan untuk mengetahui berbagai informasi yang ada di dalam diri calon kandidat. Perusahaan akan memilih kandidat yang sesuai dengan harapan perusahaan.


Kamu boleh berbangga sedikit karena masuk ke tahapan ini. Mengingat banyak pelamar yang mengirimkan berkas nya setiap hari ke perusahaan. Hal ini artinya kamu telah berhasil bersaing dari puluhan hingga ribuan pelamar lainnya. SO, jangan sia sia kan kesempatan kamu ini hanya karena you don’t give your best. Yuk simak, apa saja yang perlu kamu persiapkan saat sesi wawancara.


1. Research

image: cantikpeduli.blogspot.com

Hal pertama yang dapat kamu lakukan ialah research. Yaps, kamu kembali meneliti dan memahami lebih dalam tentang perusahaan tersebut. Walaupun kamu telah mengetahui tentang perusahaan tersebut, tidak ada salahnya cari tahu lebih dalam lagi. Informasi perusahaan bisa didapatkan dari berbagai sumber diantaranya sumber dari kerabat terdekat, website perusahaan mengenai apa saja pencapaian yang pernah diraih dan program apa saja yang sedang berjalan, artikel yang membahas perusahaan kita dan lain lain.


Selain mencari informasi tentang perusahaan, kamu harus mengetahui pekerjaan apa saja tentang posisi jabatan yang kamu lamar. Karena teknologi semakin canggih sehingga Informasi ini bisa didapatkan dari blog atau vlog terkait pengalaman ‘seseorang yang sedang atau pernah bekerja sebelumnya disana.


2. Learning and Practice

image: economy.okezone.com

Serve your best! Saat kamu diundang untuk wawancara kerja bukan berarti kamu sudah diterima di perusahaan tersebut. Jadi, persiapkan yang terbaik dengan cara latihan. Latihan yang dapat dilakukan seperti cara berkomunikasi, mengetahui pertanyaan yang akan berpotensi untuk ditanyakan dan latihan untuk senyum. Saat ini banyak sekali di media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook hingga TikTok cara menjawab pertanyaan saat wawancara kerja. Hal ini dapat memudahkan kamu untuk mengatur bahasa dan menyusun kata kata supaya tidak terlihat gugup di depan perekrut.



3. Knowing Yourself

Saat ini banyak banget seseorang kurang memahami diri sendiri. Terkadang kita butuh Quality Time. WHY? Karena ini penting banget untuk mengetahui diri kamu sendiri. Kira-kira apa sih yang menjadi kekuatan kita dan juga kelemahan kita. Kamu bisa tahu dimana kemampuan terbesar kamu. Selain itu, kamu juga bisa menanyakan kepada kerabat terdekat kamu mengenai bagaimana diri kamu ini di mata mereka. Hal ini juga berguna untuk mengevaluasi apakah kamu benar-benar sanggup dan cocok di posisi yang kamu lamar. Tidak Jarang perekrut akan memintamu untuk menjelaskan apa kelebihan dan kelemahan kamu.


4. Well Prepared

image: sehatq.com

Sebelum sesi wawancara dimulai, alangkah baiknya kamu untuk mempersiapkan semua yang diperlukan. Kita harus mempersiapkannya dari jauh jauh hari, minimal H-1. Apa saja sih yang biasanya dibutuhkan? Dimulai dari persiapkan bahan presentasi seperti Power Point, catatan singkat mengenai pengalaman dan latar belakang. Selain itu membuat job description, membawa dokumen penting seperti sertifikat, CV, Fotokopi ijazah, transkrip nilai, portofolio, foto dan lainnya sesuai instruksi dari perusahaan. Terakhir jangan lupa bawa Notebook dan pulpen.


5. Style

image: woop.id

“Love at First Sight” perkataan ini cocok untuk seseorang yang jatuh cinta pada pandangan pertama. Banyak diantaranya jatuh cinta pada pandangan pertama karena wajahnya yang menawan dan penampilannya. Bukan hanya cinta loh jadi jangan salah saat kita wawancara kerja, penampilan kita juga menjadi salah satu penilaian loh. Hal ini dapat menjadi cerminan diri kamu. Perhatikan look kamu, bukan berarti kita harus cantik, ganteng, memakai barang branded dan heboh tapi sesuaikan dengan budaya perusahaan tersebut atau posisi jabatan yang kamu lamar. Sebaiknya pilihlah pakaian formal untuk wawancara kerja untuk memberikan kesan positif pada perekrut.


6. Focus

Saat hari sesi wawancara kerja kamu tiba, jangan lupa datang tepat waktu dan jangan sampai terlambat. Sehingga kamu punya waktu untuk menenangkan dirimu dari capeknya perjalanan rumah hingga ke kantor paling tidak, 15 menit sebelum dimulai. Ketika sesi wawancara kerja, kamu akan ditanyakan berbagai pertanyaan jadi tetap fokus dengan menjawab nya sesuai pengalaman dan pencapaian mu yang tertera sesuai di Curriculum Vitae (CV). Hindari pembicaraan yang sekiranya tidak perlu diungkapkan. So Keep Focus and Smile.


Nah begitulah sedikit persiapan yang harus kamu perhatikan saat sesi wawancara. Give your best as your version. Apapun hasilnya harus tetap diterima dengan lapang dada ya. Ingat, untuk berada di posisi ini aja kamu sudah hebat! Jadikan semuanya pelajaran untuk tetap berusaha dan maju. Good Luck!

1 view0 comments

Published Date

Post Title